Bentuk Badan PT tapi bukan PKP

Bagaimana perlakuan perpajakan dari sudut PPN jika ada bentuk usaha Badan berupa PT bukan menjadi PKP.
1. Apakah ada kewajibannya dari sudut PPn bila omset setahun dibawah Rp. 1.5 milliar.

2. Apa ada resiko dari sudut perpajakan jika PT. A tersebut menjalankan usahanya tanpa harus PKP dari sudut PPn.

3. Bagaimana perlakuan PPn PM yang diterima saat beli material yang ada Faktur Pajak Standarnya (PPn PM) dari sudut PPh Badan?.

4. Jika menjual hasil kerja ke perusahaan yang bentuk PT dan PKP. Resiko apa yang akan muncul dilihat dari sudut PT. yang bukan PKP dengan lawan transaksi yang PT yang PKP.

5. Mohon kalau bisa dicantumkan dasar hukumnya ya... he.aha.a...

atas komentar dan pendapatnya, saya ucapkan terimakasih.

PPN

Perlu dijelaskan bahwa status menjadi Pengusaha Kena Pajak (PKP) tidak harus berbentuk PT, tetapi tergantung pada kegiatan usahanya. Apakah kegiatan usahanya melakukan penyerahan BKP atau JKP yang terutang PPN, sebagaimana dimaksud pada Pasal 3A ayat (1) UU No 42 Tahun 2009 tentang PPN dan PPn BM; yaitu setiap pengusaha yang melakukan penyerahan barang (barang berwujud atau tidak berwujud) dan atau melakukan penyerahan Jasa yang terutang pajak menurut Pasal 4 ayat (1) huruf a, c, f, g, dan h kecuali pengusaha kecil yang batasannya ditetapkan oleh Menteri Keuangan wajib melaporkan usahanya untuk dikukuhkan sebagai PKP dst.

Kalau PT tersebut tidak melakukan penyerahan barang atau jasa yang terutang PPN, yang tidak ada kewajiban memungut atau menyetorkan PPN, misalnya PT tersebut membuka usaha jasa catering.

a. Apakah ada kewajibannya dari sudut PPn bila omset setahun dibawah Rp. 1.5 milliar?
Kembali pada penjelasan diatas, apakah kegiatan usahanya melakukan peneyrahan terutang PPN atau tidak. Kalau tidak, misalnya jasa catering, maka tidak ada urusan dengan UU PPN & PPn BM.
Namun apabila jenis kegiatan usahanya melakukan penyerahan barang atau jasa yang terutang PPN, maka perlu dilihat apakah tergolong pengusaha kecil atau bukan.

Kriteria Pengusaha Kecil menurut Keputusan Menteri Keuangan No 68/PMK.03/2010 adalah pengusaha yang melakukan penyerahan BKP atau JKP dalam satu tahun pajak dengan peredaran bruto atau penerimaan bruto tidak lebih dari Rp 600,000,000. Oleh karenanya jawabannya adalah apakah penyerahan yang dilakaukan terutang pajak atau tidak.
Sebagai tambahan walaupun menurut omzet tergolong pengusaha kecil, namun pengusaha yang bersangkutan boleh melaporkan untuk dikukuhkan menjadi PKP.

b. Apa ada resiko dari sudut perpajakan jika PT. A tersebut menjalankan usahanya tanpa harus PKP dari sudut PPn.
Kalau kegiatannya usahanya melakukan penyerahan BKP atau JKP atau terutang PPN menurut UU, tentu harus menjadi PKP. Risikonya bila tidak menjadi PKP, pengusaha tersebut telah melakukan tindak pidana di bidang perpajakan yang diatur dalam Pasal 29 UU No 8 Tahun 1983 sebagaimana telah diubah terakhir dengan UU No 28 Tahun 2007 tentnag Ketentuan Umum dan Tatacara Perpajakan.

Akan tetapi kalau jenis kegiatan yang dilakukan adalah penyerahan Jasa tidak terutang PPN, misalnya jasa pendidikan, tentu tidak perlu menjadi PKP.

c. Bagaimana perlakuan PPn PM yang diterima saat beli material yang ada Faktur Pajak Standarnya (PPn PM) dari sudut PPh Badan?.
Sekali lagi, kalau PT itu sudah menjadi PKP, maka wajib memungut Pasal 3 A UU PPN wajib memungut dan menyetorkan, dan melaporkan PPN yang terutang . Pelaporan dilakukan dengan mengisi SUrat Pemberitahuan Masa.

Sebagai PKP, atas penyerahan BKP atau JKP, wajib membuat Faktur Pajak (lihat Pasal 13 UU PPN), untuk diserahkan kepada pembeli (disebut Pajak Keluaran). Setiap akhir masa pajak, umlah Pajak Keluaran (PK) dikurangkan dengan Pajak Masukan yang menurut UU PPN dapat dikreditkan. Kalau PK lebih besar dari PM, maka selisihnya harus disetorkan ke Kas Negara. Sebaliknya kalau PM lebih besar, maka kelebihan pembayaran pajak dikompensasikan dengan PPN terutang masa pajak berikutnya.

Departemen Litbang dan Standar Profesi IKPI

0
0

Buku Pajak

Daftar Anggota

User login

CAPTCHA
This question is for testing whether you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
Image CAPTCHA
Enter the characters shown in the image.

counter

  • Site Counter: 2,342,256
  • Unique Visitor: 69,150
  • Registered Users: 159
  • Unregistered Users: 14,841
  • Blocked Users: 14,829
  • Published Nodes: 5,140
  • Unpublished Nodes: 8
  • Server IP: 115.124.92.116
  • Your IP: 54.82.187.225
  • Since: 2009-11-06 11:22:43
  • Visitors:
  • Today: 2360
    This week: 30287
    This month: 68878
    This year: 472202